Senin, 20 Juni 2011

Fieldtrip Agrokusuma Batu Malang 19 Mei 2011



Wisata Kebun Buah dan Sayuran Hidroponik Kusuma Agrowisata menyediakan buah - buahan dan sayuran sehat yang segar ( bebas pestisida ) antara lain : Apel, Jeruk, Strawberry, Sawi, Tomat, Sla, Brokoli, Paprika, dll. yang anda dapatkan di stand buah dan sayuran di Kusuma Agrowisata.
Di Agrokusuma Wisata ini terdapat dua jenis strawberry,yaitu :
1.      Sweet Charlie
Ini adalah jenis strawberry yang rasanya manis
2.      Rosalinda
Jenis strawberry yang rasanya asam manis
Untuk pengembangan komoditi strawberry ,biasanya petani disini menggunakan bibit dari sulur dan akan memakan waktu 2-3 bulan untuk buah pertama. Selanjutnya untuk tiap minggu akan 2 sampai 3 kali berbuah dan untuk masa produktif strawberry adalah 1,5 tahun.
Apel Batu adalah salah satu komoditi pertanian yang terkenal di Indonesia, walaupun bukan tanaman asli Indonesia karena diduga dating dari Negara Belanda. Namun sejak dicabut SK Menteri Perdagangan No.505 tahun1984 tentang pembatasan apel impor pada tahun 1991 dengan SK menteri Perdagangan No.135, apel Batu yang memiliki empat varietas Manalagi, Romebeauty, Anna, dan Wangling tak dapat lagi diunggulkan menjadi primadona. Selain terjadi penurunan produksi, apel Batu juga harus bersaing dengan apel-apel dari Amerika, Australia, Selandia Baru, dan Cina yang semakin deras membanjiri pasar buah segar di Indonesia.
Jenis apel ini memiliki khasiat sebagai obat herbal untuk penyakit seperti hipertensi dan menurunkan kolesterol. Oleh sebab itu, kita tidak boleh menganggap kalau ini adalah jenis apel biasa. Untuk apel membutuhkan waktu 3-4 tahun untuk masa pertumbuhannya dan berbuah sekali selama 5 tahun. Lalu untuk selanjutnya akan berbuah selama 6 bulan.Sedangkan untuk masa reproduktif apel biasanya bisa sampai 20 tahun.
Untuk masa berbunga apel biasanya memerlukan waktu selama 30-40 hari. Untuk apel hijau akan memiliki warna bunga putih dan untuk apel merah warna bunga nya adalah pink. Lalu,dari bunga ini akan menghasilkan buah.
Sedangkan untuk sayuran,di wisata Agrokusuma ini ada sayur organic dan sayur hidroponik.Petani di wisata Agrokusuma ini,menerapkan budidaya sayuran dengan mengunakan media air.
Selain itu,di wisata Agrokusuma ini juga terdapat buah naga dan paprika.Untuk paprika,termasuk sayuran organic yang memakan waktu 2,5 bulan untuk masa panen. Buah naga adalah jenis buah yang produktif bila berada di luar ruangan dan terkena matahari.             
Untuk mengantisipasi persaingan yang ada, maka selain didistribusikan dalam bentuk buah segar ke berbagai kota, apel Batu di olah menjadi beberapa macam bentuk makanan dan minuman, contohnya menjadi Sari Apel yang sedang giat diproduksi oleh sebuah industry pengolahan buah apel di Kota Batu. Pengolahan apel segar menjadi berbagai macam makanan dan minuman ini bertujuan untuk memperkaya jenis makanan khas daerah serta melawan serangan apel segar dari luar negeri.
Dari latar belakang yang telah dipaparkan, maka tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas iklan produk Sari Apel Agrokusuma berdasarkan pendekatan AIDA dengan melihat bagaimana respon masyarakat, dan tingkat penyerapannya terhadap informasi yang disampaikan melalui pemasangan spanduk di took-toko atau outlet yang menjual produk minuman Sari Apel.
Agar seluruh elemen iklan dapat disampaiakn secara tuntas kepada audiences hendaknya dapat memenuhi ketentuan AIDA. Yang dimaksud AIDA adalah getting Attention (menarik perhatian Audiences), holding Interest (menarik minat Audiences membaca, mendengarkan atau melihat pesan sampai selesai), arousing Desire (menimbulkan keinginan audiences memiliki atau mempergunakan barang atau jasa yang diiklankan) dan obtaining Action (meyakinkan audiences melakukan sesuatu yang bersifat positif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar